Header Ads

Cara Menguji SCR dengan Multimeter Analog

Guru elektro - Sebelum mengenal komponen SCR dan tipenya yang dianggap orang dioda kaki 3 ini sungguh unik. Untuk menguji atau mengukur dan menentukan kaki sebuah SCR, perlengkapan yang perlu disiapkan adalah sebuah multimeter dan satu kabel pendek yang akan kita gunakan sebagai jumper atau penghubung. 
Cara Menguji SCR dengan Multimeter Analog
Berikut ini adalah langkah-langkah mengukur SCR dengan menggunakan multimeter.

  1. Atur posisi saklar multimeter ke R atau Ohm (Ω) x10.000.
  2. Hubungkan probe hitam multimeter (negatif) ke kaki Anoda SCR dan probe merah multimeter (positif) ke kaki katoda SCR.
  3. Baca hasil pengukuran di layar multimeter, hasil pengukurannya harus menunjukan nilai resistansi yang tinggi.
  4. Jika hasil pengukurannya menunjukan nilai resistansi yang sangat rendah, maka SCR tersebut dinyatakan hubung singkat (short)/rusak.
  5. Hubungkan probe merah multimeter (positif) ke kaki anoda SCR dan probe hitam multimeter (negatif) ke kaki katoda SCR.
  6. Baca hasil pengukuran di layar multimeter, hasil pengukurannya juga harus menunjukan nilai resistansi yang tinggi.
  7. Jika hasil pengukurannya menunjukan nilai resistansi yang sangat rendah, maka SCR tersebut dinyatakan hubung singkat (Short)/rusak.
  8. Pada kondisi probe merah dan probe hitam masih terhubung di kaki SCR seperti pada langkah ke-4, hubungkan kaki anoda dan kaki gate pada SCR dengan menggunakan sebuah kabel penghubung (jumper). Jika SCR berfungsi dengan baik maka nilai resistansi yang tampil pada layar Multimeter akan menunjukan nilai resistansi yang sangat rendah. Nilai resistansinya ini akan tetap rendah meskipun kabel penghubung jumper tersebut dilepas.
  9. Jumper atau Kabel penghubung ini berfungsi untuk memberikan arus ke kaki “Gate” SCR atau sebagai pemicu “Trigger” SCR.
Demikianlah cara melakukan pengukuran dan pengujian sebuah SCR dengan menggunakan Multimeter analog. Yuk langsung kita praktikkan...

1 komentar: