Header Ads

Cara Melakukan Setting Instalasi Home Theater yang Benar

Guru elektro - Artikel kali ini mengenai seluk beluk melakukan instalasi atau penghubungan antar perangkat elektronika rumahan seperti mikropon, amplifier, cd player ataupun televisi dengan receiver parabolanya. Untuk lebih jelas dapat dilihat dari gambar dibawah ini.

Materi tentang home theater beserta peralatan home theater mesti dipahami terlebih dahulu sebelum kita melakukan instalasi audio video. Bagiamana cara kerja home theater bagian bagian home theater baru kemudian kita lanjut melakukan cara setting suara home theater dan tata letak speaker home theater.

Cara Melakukan Instalasi Home Theater yang Benar
Mungkin kita sudah mengenal peralatan atau komponen apa saja yang digolongkan bioskop rumah seperti yang terdapat pada blok diagram pada gambar dibawah ini merupakan suatu kesatuan yang memungkinkan untuk memilih sumber sinyal audio seperti : MP3 Player, Mirophone, CD Player, V C R, DVD player, Satellite Digital Receiver, Pre amplifier, Equalizer dan dikuatkan melalui Power Amplifier untuk ditampilkan pada beberapa speaker. Sedangkan sumber sinyal video dapat berupa : Televisi ataupun infocuss  untuk menampilkan sinyal gambarnya.

Signal audio yang dihasilkan oleh sumber sinyal dikuatkan oleh penguat audio, kemudian diubah menjadi bunyi oleh loudspeaker. Untuk menyesuaikan dengan selera atau keadaan akustik ruang digunakan pengatur nada atau pengatur nada ganda (equalizer). Pengatur loudness digunakan untuk menyesuaikan dengan kepekaan telinga terhadap bunyi tertentu.

Materi tentang pengertian home theater atau bioskop rumah ini sebenarnya merupakan kurikulum ktsp dahulu. Sedangkan di kurikulum 2013 tidak terdapat lagi kompetensi bioskop rumah.

Tidak ada komentar: