Header Ads

Pengertian Penguatan berdasarkan dB

Guru elektro - Mungkin sebelum membahas 1 db berapa watt ataupun melakukan konversi db ke hz atau konversi db ke numerik ada baiknya kita mengaetahui dasar-dasar desibel ini.
Pengertian Penguatan berdasarkan dB
Desi bell bukanlah satuan seperti halnya volt atau amper atau yang lainnya, tetapi merupakan nilai perbandingan. Pada angka dengan satuan dB (desi Bell) merupakan dua buah angka yang dibandingkan. db adalah merupakan pernyataan matematis yang jika berdiri sendiri tidak berarti. Maka dari itu harus ada penjelasan.

Nama sejarah desibel ini diambil dari nama fisikawan Alexander Graham Bell untuk menghormatinya. Dengan desi Bell merupakan 1/10 dari satuan Bell seperti halnya desi meter merupakan 1/10 meter.
1 Bell = 10 dB
1 meter = 10 desi meter

Pada propagasi (penyebaran) sinyal di udara dayanya akan terreduksi secara kuadratis proporsional terhadap jaraknya. Dalam teknik radio (RF) berdasarkan hal ini maka yang diperhitungkan adalah dayanya bukan tegangan. Maka daya akan dikonversikan dalam desi Bell (dB). 

Dalam perhitungan rumus penguatan amplifier dengan menggunakan desi Bell biasanya menghitung dB Amplifier akan menjadi sangat sederhana, dalam punguatan maupun perlemahan akan digunakan penjumlahan (+) dan pengurangan (-). Jika tidak dalam dB, maka perhitungan akan dalam perkalian dan pembagian.
Gambar Penggambaran penguatan.
Bagaimana cara menghitung penguatan sinyal dalam desibel?? lihat contoh dibawah ini:
Contoh 1 :
Sebuah penguat seperti pada gambar diatas, memiliki penguatan (v) sebesar 50 kali, jika dihitung dalam dB maka :

Contoh 2 :
Sebuah penguat memiliki tiga buah blok penguat didalamnya seperti ditunjukkan dalam gambar dibawah berikut;
Gambar Penguatan dalam penguat bertingkat.

Berapakah penguatan keseluruhan dari penguat tersebut?
Penyelesaian :

  • Perhitungan dengan faktor penguatan
          Vtotal = v1 x v2 x v3 = 5 x 0,5 x 7 = 17,5 x

  • Perhitungan dengan penguatan dalam dB

         Vtotal = v1 + v2 + v3 = 14 + (-6) + 16,9 = 24,9dB
gambar Function Generator
Satuan dB juga digunakan pada perlemahan, seperti pada gambar Function Generator memiliki tombol perlemahan 3 buah, masing-masing 10dB 20dB dan 40dB. Besar perlemahan bisa bervariasi mulai 10dB sampai 70dB. Semisal ditetapkan tegangan keluaran 10Vpp tombol ATTENUATION OFF, saat diaktifkan seluruhnya, berarti tegangan keluaran akan diperlemah sebesar 10+20+40=70dB.

Tidak ada komentar: