Header Ads

Apa yang dimaksud Generator Surya!? Yuk simak Ulasannya

Sebenarnya jika mengetahui solar sel kemaren maka generator surya adalah kumpulan modul surya yang di hubung secara seri-paralel sehingga menjadi sebuah panel surya. Dari modul ini dihubungkan satu modul dengan modul lainnya inilah yang disebut dengan Generator surya. Untuk lebih jelasnya bisa dilihat dari gambar dibawah ini.
Generator Surya
Prinsip sel Surya yang bekerja berdasarkan banyaknya cahaya yang menyinari permukaan surya ini biasanya di rangkai agar menghasilkan tegangan dan arus tertentu. Sebagai energi terbarukan di masa mendatang solar sel terus dikembangkan untuk menghasilkan energi yang ramah lingkungan.

Rangkaian modul surya seri : Modul surya yang dirangkai secara seri untuk meningkatkan tegangan sebuah generator. Dengan kata lain jika ingin menghasilkan tegangan yang lebih besar maka modul harus dihubung secara seri. Dengan dirangkai secara seri ini maka tegangan yang dihasilkan sebuah modul surya akan lebih besar dibanding secara paralel.
Rangkaian modul surya seri 
Rangkaian modul Surya paralel : Sebaliknya ketika modul dirangkai secara paralel biasanya untuk menghasilkan arus listrik yang lebih besar dari sebuah generator.
Rangkaian modul surya paralel
Rangkaian modul surya seri-paralel :
Modul surya juga dapat dirangkai kombinasi yang terhubung satu sama lain modul sel seperti rangkaian seri dan parallel. Dengan begitu rangkaian ini menjadi inverter yang dapat menghasilkan tegangan dan arus listrik yang lebih tinggi. Disamping itu rangkaian kombinasi seri dan parallel akan menghasilkan suplai daya yang lebih besar.
Rangkaian modul surya seri-paralel
Rangkaian modul surya kombinasi
Oleh karena itu, prinsip sebuah Generator Surya adalah kumpulan modul surya yang dihubung secara seri ataupun paralel agar menghasilkan energi yang lebih besar. Mudah-mudahan artikel singkat mengenai generator surya di blog sederhana Guru Elektro Tanjungbalai ini bermanfaat bagi siswa saya di SMK Negeri 2 Tanjungbalai.

Tidak ada komentar: